Tuesday, February 28, 2012

About Loving Yourself


Banyak orang serng lupa untuk mencintai dirinya sendiri. Padahal itu salah satu aspek penting dalam hidup (kalo menurut aku sih). Mungkin ada juga orang yang merasa sudah mencintai dirinya sendiri, tapi sebenarnya belum melakukanya dengan maksimal.

Jadi gimana caranya mencintai diri kita? Gini, kalo dibilang kita mencintai seseorang apa adanya dia, artinya kita mencintai dia dengan segala kelebihan dan kekurangannya kan? Nah, itu juga yang harus kita lakukan ke diri kita. Mencintai diri kita karena kelebihan kita, tapi juga menyayangi diri kita meskipun kita tahu diri kita memiliki kekurangan.

Jangan membenci diri kita karena kekurangan kita. Justru karena kita tahu kita memiliki kekurangan, kita harus berusaha memperbaikinya, supaya kita bisa jadi orang yang lebih baik lagi. Karena, saat kita tidak mencintai diri kita, kita nggak bisa mengeksplorasi kelebihan kita dengan sempurna.

Kenyataannya adalah, semua orang pasti memiliki kekurangan. Jadi kalo kita bisa mencitnai orang lain dengan kekurangan mereka, kenapa nggak melakukan hal yang sama untuk diri sendiri?

Itu, juga adalah hal yang sedang aku coba. Mencintai diri sendiri apa adanya, dengan segala kelebhan dan kekurangan aku. Jujur, saat beberapa waktu lalu aku melakukan kesalahan, sulit banget untuk nggak membenci diri sendiri. Saat itu, aku sadar kalo aku adalah orang yang sangat egois. Bener-bener benci sama diri sendiri gara-gara itu. Aku tahu sih, klo aku itu orang yang egois, tapi nggak nyangka ternyata aku sangat egois.

Tapi kemudian aku mikir, jika karena itu aku kemudian membenci diri aku, berarti selama ini aku cuma mencintai kelebihanku aja, dan nggak mencintai kekuranganku. Dan itu bikin aku sadar bahwa aku harus bener-bener belajar untuk mencintai diri sendiri, sambil tentunya berusaha memperbaiki kekurangan aku.

Dan aku punya satu kutipan bagus dari temenku. Dia bilang, “if you want to be more good, you need to love you too.” Jika kamu pengen menjadi lebih baik, kamu perlu mencintai diri kamu juga. Menurut aku, itu kata-kata yang bener dan inspiring banget. Jadi keliatan kan, pentingnya mencintai diri sendiri?

Jadi siapapun kamu, dan di mana pun kamu berada, jangan lupa untuk mencintai diri kamu apa adanya. Semua kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki itulah, yang membuat kamu adalah kamu :)

Jadi, cintai dirimu, dimulai dari sekarang :)

3 comments: