Sunday, February 19, 2012

About Forgiving Yourself


Beberapa waktu yang lalu, aku pernah bilang ke seorang teman untuk maafin dirinya sendiri.Gak nyangka, ternyata itu gak gampang. Kenyataannya adalah, memaafkan diri sendiri itu mungkin lebih susah dari maafin orang lain.

Semua manusia pasti pernah berbuat salah. Namanya juga manusia, gak ada yang sempurna. Kita semua pasti pernah berbuat salah, meskipun itu kesalahan yang kecil banget.  Mungkin untuk kesalahan kecil, mudah aja bagi kita untuk memaafkan diri kita sendiri. Tapi gimana halnya kalau kita melakukan kesalahan yang (menurut kita), adalah kesalahan yang besar atau fatal?

Di situlah letak susahnya. Mungkin akibat melakukan kesalahan itu, kita bakal ngerasa bersalah banget. Ngerasa bodoh banget. Atau ngerasa sedih banget. Yang paling parah kalau kita sampe ngerasa gak pantas lagi buat hidup. Kalau kamu pernah atau lagi ngerasain perasaan itu, jangan berhenti untuk usaha ngebuang perasaan-perasaan negatif itu. Susah banget memang, tapi bakalan berharga untuk dicoba.

Menurut aku, inti dari melakukan kesalahan adalah mengakui kesalahan kita, dan yang terpenting adalah belajar dari kesalahan itu dan berjanji untuk gak mengulang kesalahan yang sama. Justru karena tau kita salah, kita harus berusaha menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, dan bukannya terus menyesali diri.
Tapi aku ngerti banget, ngomong gini memang jauuuuuh lebih gampang dari melakukannya. Karena aku sendiri juga masih gak bisa maafin diri aku untuk sebuah kesalahan yang aku lakukan. Tapi dengan terus bersedih, kita cuma bakal semakin nyakitin orang-orang yang kita sayang. Dan kita gak pengen terus nyakitin mereka kan?

Belajar dari kesalahan kita di masa lalu, bertekad untuk gak ngulangin kesalahan yang sama, tetap hidup sambil terus berusaha mencintai orang-orang yang kita sayangi dengan sebaik-baikya, dan terus berusaha memaafkan diri sendiri, mungkin itu adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk menebus kesalahan kita.

Karena hanya saat kita memaafkan diri sendiri, kita akan mampu untuk mencintai diri kita. Dan hanya saat kita mencintai diri kitalah, kita akan bisa mencintai orang lain dengan sebaik-baiknya.
Dan percaya deh, kamu gak sendirian :) 
Keep strong guys :)

No comments:

Post a Comment